Handphone (HP) pertama di dunia dan sejarahnya (DynaTAC)

Handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel/mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan nirkabel/wireless. (Wikipedia.org)

Semua mau tau Handphone pertama didunia, yuk intip dibawah.

Martin Cooper pada tahun 2007 forum op een di Taipei. (Sumber Wikipedia.org)

Penemu handphone pertama adalah Dr. Martin Marty Cooper dari perusahaan Motorola Ditahun 1973. Handphone pertama didunia memiliki bobot berat 2,5 pon (1,1kg), berukuran 10 inci (25cm), dan hanya memiliki baterai yang mampu bertahan sekitar 20 menit, memiliki baterai 4-5 kali lebih berat dari handphone jaman sekarang. Yang lebihnya lagi perusahaan Motorola mengeluarkan biaya sekitar US$1 juta untuk menciptakan handphone pertama didunia.

Dynamic Adaptive Total Area Covrage (DynaTAC) adalah nama handphone pertama yang mulai di produksi  di tahun 1983. DynaTAC sering disebut sepatu atau batu bata telephon, handphone pertama ini didunia dijual masal dengan harga US$4 ribu (sekitar Rp36 juta)  sama dengan US$9 ribu (sekitar Rp78 juta) di nilai mata uang tahun 2011.

Sejarah.

Bermula dari tahun 1970an, Kepala insinyur komunikasi portabel Motorola  John Francis Mitchel memberikan tanggung jawab kepada Dr. Martin Cooper di devisi   mobil telepon(Carphone). Merekapun membayangkan produk komunikasi yang tidak terpaku didalam satu mobil, dan alatnya haruslah kecil sehingga menjadi cukup ringan untuk sebuah alat komunikasi portabel. Cooper bersama rekan timnya mendapati 
masalah bagaimana cara memasukkan material elektronik ke dalam alat yang terbilang kecil tersebut untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1972, Cooper bersama timnya membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk menciptakan prototipe yang pertama dari ide tersebut, dan pada tanggal 3 april 1973 Dr. Martin Cooper dianggap sebagai penemu dan orang yang pertama melakukan panggilan dengan prototipe handphone.

Kepala insinyur John F. Michell mempatenkan serta mengajukan penemuan mereka "Radio Telephone System" dengan nomor paten 3906166 pada tanggal 17 Oktober 1973, kemudian pada september 1975 barulah pengajuan tersebut disetujui dengan atas nama mereka.

Terimah kasih Semua mau tau artikel saya, salam(V).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon coment sesuai dengan isi artikel