Smartphone pertama didunia (IBM Simon)

Memang Smartphone sudah menjadi tren saat ini, dari yang muda sampai yang tua sekalipun, rata-rata sudah tau apa itu Smartphone dan fungsinya. Tetapi apakah pernah melihat atau tau bentuk dari smartphone pertama didunia? Semua mau tau Smartphone pertama didunia, yuk lihat kebawah.

Pada tahun 1992, International Business Manchines Corp (IBM) mengeluarkan Smartphone pertama didunia yang menggabungkan sistem kerja telepon seluler dengan sistem kerja PDA (Personal Data Assistant) yaitu, Simon Personal Communicator atau lebih dikenal IBM Simon.

Simon Personal Communicator/IBM Simon (sumber Wikipedia.org)


Bentuk ukuran dari IBM Simon sendiri memang jauh berbeda dari smartphone di jaman sekarang, yang memilki dimensi panjang 200mm, lebar 64mm, dan tebal 38mm. Dengan berat 510g, serta dengan ukuran layar 114mm x 36mm (4.5 inci). Jauh lebih beratkan dari smartphone di jaman sekarang.

IBM Simon memang dikenal memilki fungsi dan kecanggihan yang lebih dari ponsel lain pada saat itu, tidak hanya mampu melakukan panggilan dan menerima panggilan, IBM Simon juga mampu mengirim serta menerima email. Mempunyai banyak aplikasi seperti buku telepon, kalender, kalkulator, waktu jam dunia, jadwal kegiatan, pengingat, penulis catatan (notepad), dan aplikasi visioner lain seperti peta, berita, dan saham.

Tidak hanya itu, IBM Simon juga memiliki Pena Stylus yang dapat mengoperasikan fitur yang ada didalamnya dengan bekalan layar berwarna hijau Monochrome sentu berukuran 4,5 inci. Meskipun belum memiliki fitur secanggih smartphone pada jaman sekarang, IBM Simon adalah ponsel tercanggih dimasanya, yang memiliki dukungan aplikasi pihak ketiga seperti memori internal 1MB dan dapat menambahkan memori khusus.

IBM Simon pertama kali muncul di ajang pameran COMDEX (Computer Dealer's Exhbition) di Las Vegas, Amerika Serikat, dan mulai dirilis pada 16 Agustus 1994. Pada kurun waktu enam bulan, IBM Simon terjual hingga 50.000 unit dengan banderol harga US$899 atau sekitar US$1.435 untuk saat ini. Kalau dirupiahkan kurang lebih 20jutaan. Wow!

Memang IBM Simon belum disebut dengan sebutan Smartphone, karena pada waktu itu sebutan Smartphone belum terlalu dikenal, melainkan lebih dikenal ponsel canggih berbasis lengkap. Tetapi, ide awal dari terbuatnya Smartphone canggih seperti sekarang ini bermula dari IBM Simon, maka dari itu IBM Simon bisa dikatakan atau merupakan Smartphone pertama didunia.

Terima kasih Semua mau tau Artikel saya, salam(V).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon coment sesuai dengan isi artikel